5 Film untuk Mengisi Hari Guru Nasional

Banyak kegiatan yang bisa dilakukan untuk mengisi Hari Guru Nasional. Salah satunya menonton film-film yang bercerita tentang guru.

5 Film untuk Mengisi Hari Guru Nasional
image
Surabaya -

Hari Guru Nasional diperingati setiap tanggal 25 November. Banyak kegiatan yang bisa dilakukan untuk mengisi Hari Guru Nasional.

Mungkin Anda bisa mengelar aneka perlombaan. Mulai dari lomba membaca puisi bertema guru hingga lomba menyanyikan lagu Terima Kasih Guruku.

Namun jika ingin mengisi Hari Guru sambil bersantai, Anda bisa menonton film-film yang bercerita tentang guru. Sehingga Anda bisa sambil mengenang jasa guru Anda masing-masing.

Berikut 5 film tentang guru yang dirangkum detikJatim:

1. Guru-guru Gokil

Film Guru-guru Gokil bergenre drama komedi. Film ini merepresentasikan profesi guru di Indonesia.

Sang sutradara yakni Sammaria Simanjuntak. Film yang rilis tahun 2020 ini mengisahkan soal gaji seorang guru yang berbanding terbalik dengan kinerjanya.

2. Sokola Rimba

Film ini pernah diputar di Indonesian-American Cine Club (IACC), di gedung bioskop Anthology Film Archive.

Film ini diangkat dari kisah nyata seorang guru yang sekaligus antropologis. Ia memilih hidup di pedalaman Sumatra, untuk mengubah nasib orang lain.

3. Laskar Pelangi

Film Laskar Pelangi diangkat dari Novel Andrea Hirata yang juga berjudul Laskar pelangi. Film ini berkisah tentang semangat belajar anak SD di Belitung, di tengah keterbatasan. Termasuk semangat guru yang terus memicu siswa untuk berani bermimpi.

4. Notebook

Film Notebook berkisah tentang perjuangan seorang guru yang pindah mengajar ke Sumba. Ia yang merupakan seorang muslim, mengajar di lingkungan nonmuslim.

5. Alangkah Lucunya Negeri Ini

Film ini mengangkat potret kehidupan di Indonesia. Film yang dirilis 2010 itu bergenre drama komedi.

Film ini mengisahkan keputusasaan Muluk dalam mencari pekerjaan. Dalam satu waktu, ia bertemu dengan seorang pencopet. Lantas, Muluk menjadi guru untuk mengubah nasib pencopet itu ke arah yang lebih baik.

Simak Video "Lebah Lucu Rayakan Hari Guru Nasional di Google Doodle"
[Gambas:Video 20detik]
(sun/fat)