5 Film Superhero Indonesia Termahal!

Mengingat saat ini film superhero Indonesia tengah marak, kali ini kita akan membahas 5 di antaranya yang mempunyai baya produksi termahal

5 Film Superhero Indonesia Termahal!

Seakan tidak ingin kalah dari Hollywood, saat ini industri perfilman Indonesia tengah berlomba-lomba menggarap film superhero berkualitas yang dimaksudkan untuk memuaskan para penggemar tanah air. Tentunya untuk mencapai tujuan tersebut dibutuhkan usaha dan juga biaya yang tidak sedikit. Di mana hal tersebut pada akhirnya membuat film superhero Indonesia yang mengedepankan kualitas, sampai harus ‘merogoh kocek’ miliaran rupiah. Mulai dari tayangan lama sampai yang baru, berikut 5 film superhero Indonesia yang sejauh ini telah menghabiskan biaya produksi termahal!

Sri Asih (>Rp20 miliar)

Baru saja tayang 17 November kemarin, Sri Asih adalah film kedua dari Jagat Sinema Bumilangit yang berfokus pada karakter superhero wanita bernama Alana (Pevita Pearce), titisan Dewi Sri Asih. Penayangan filmnya sendiri terbilang cukup berhasil, di mana banyak penggemar yang merasa bahwa JSB makin lebih baik dengan Sri Asih. Hal tersebut bukan tanpa sebab, selain karena usaha para kru dan jajaran pemerannya, film superhero ini juga memang termasuk film superhero termahal. Dikutip dari Bisnis.com, menurut produser Wicky V. Olindo, film Sri Asih telah menghabiskan “lebih [dari Rp20 miliar].”

Satria Dewa: Gatotkaca (Rp20-24 Miliar)

Film superhero Indonesia termahal selanjutnya datang dari Jagad Satria Dewa yang telah merilis film Satria Dewa: Gatotkaca pada bulan Juni lalu. Film yang saat ini sudah bisa disaksikan di Netflix ini bercerita tentang petualangan Yuda (Rizky Nazar) yang menjadi titisan Gatotkaca. Media asing sekelas Variety pernah melaporkan bahwa biaya produksi Gatotkaca telah menghabiskan jutaan dolar AS. Kabar tersebut kemudian diklarifikasi oleh sutradara Hanung Bramantyo yang mengatakan, “Budget filmnya sekitar Rp20 hingga Rp24 miliar. Jika ada yang bilang Rp80 miliar itu omong kosong.”

Pendekar Tongkat Emas (Rp20-25 Miliar)

Selanjutnya, film superhero Indonesia yang termasuk film termahal adalah Pendekar Tongkat Emas yang rilis pada tahun 2014. Sesuain dengan judulnya, film aksi yang dibumbui kekuatan super ini bercerita tentang pertempuran silat para pendekar yang saling memperebutkan tongkat emas. Film dari sutradara Ifa Isfansyah, dibintangi oleh sejumlah aktor papan atas Indonesia, termasuk Christine Hakim, Nicholas Saputra, Tara Basro, dan Reza Rahadian. Produser Mira Lesmana sempat mengungkapkan bahwa film Pendekar Tongkat Emas “biayanya hampir Rp25 miliar.” Menurutnya proses syuting di Sumba menjadi salah satu faktor pengeluaran terbesar filmnya.

Gundala (Rp30 Miliar)

Rilis pada tahun 2019, Gundala adalah film pertama dari Jagat Sinema Bumilangit yang menceritakan petualangan Sancaka (Abimana Aryasatya) dalam melawan kelompok kriminal yang dipimpin oleh Pengkor (Bront Palarae). Film yang ditulis dan disutradarai langsung oleh Joko Anwar ini dilaporkan telah menghabiskan biaya produksi sekitar 30 miliar rupiah. Hal ini disampaikan langsung oleh produser film Gundala, Wicky V. Olindo dan aktor Abimana dalam sesi wawancaranya para tahun 2019 dengan CNBC Indonesia. Salah satu faktor mengapa anggarannya besar mungkin karena visual efek film ini ditangani oleh Quantum Creations FX, yang pernah terlibat dalam produksi film Iron Man.

Wiro Sableng: Pendekar Kapak Maut Naga Geni 212 (Rp40 Miliar)

Terakhir, film superhero Indonesia termahal yang saat ini menduduki urutan pertama adalah Wiro Sableng. Menurut CNBC Indonesia, film yang rilis pada tahun 2018 ini telah menelan anggaran biaya yang sangat besar, yaitu sekitar 40 miliar rupiah. Hal ini disampaikan oleh produser Wiro Sableng Sheila Timothy yang terbilang cukup aktif dalam mempromosikan filmnya pada saat itu. Tidak tanggung-tanggung, film garapan Angga Dwimas Sasongko ini bahkan menggaet 20th Century Studios untuk pemasarannya. Filmnya sendiri dibintangi oleh Vino G. Bastian, Yayan Ruhian, Sherina Munaf, Marsha Timothy, dan masih banyak lagi.

Itulah 5 film superhero Indonesia termahal yang umumnya telah menghabiskan biaya produksi lebih dari 20 miliar rupiah. Nilai tersebut terbilang cukup tinggi untuk standar perfilman tanah air yang biasanya tidak menghabiskan lebih dari 10 miliar rupiah. Ke depannya akan ada lebih banyak lagi film superhero Indonesia, yang tentunya diharapkan  bisa lebih baik dari para film pendahulunya, baik secara visual maupun cerita. Dari semua film superhero Indonesia termahal ini mana favorit kalian, Geeks?