5 Film Indonesia yang Menceritakan tentang Permasalahan di Keluarga

Dipenuhi dengan nilai-nilai kehidupan

5 Film Indonesia yang Menceritakan tentang Permasalahan di Keluarga
image

Film yang mengangkat tentang konflik keluarga, akhir-akhir ini sedang naik-naiknya. Tidak hanya tentang percintaan saja, film dengan tema keluarga juga bisa menarik minat para penikmat movie tanah air, loh.

Banyak hal yang bisa diambil dengan pemutaran film tersebut. Pentingnya keluarga, sikap saling membutuhkan dan saling membantu, dan masih banyak lagi beberapa hal yang bisa kamu petik. Pembelajaran-pembelajaran yang bisa kamu ambil.

Ada beberapa film yang sangat menarik untuk ditonton. Berikut lima film tentang keluarga yang wajib masuk ke dalam list kamu. Lihat bagaimana pentingnya peran keluarga.

Baca Juga: 5 Cara Pandang Cowok Dewasa tentang Permasalahan Hidup Orang Lain  

1. Nanti Kita Cerita tentang Hari Ini

https://www.youtube.com/embed/TcHh986XvI4

Film ini menceritakan tentang kehidupan Angkasa, Aurora, dan Awan di dalam sebuah keluarga yang terlihat sangat harmonis dan bahagia. Namun di balik itu semua terdapat rahasia besar yang disembunyikan oleh sang ayah.

Konflik demi konflik dibahas dengan detail dan rapi. Bahkan kita akan dibawa untuk masuk ke dalam alur cerita tersebut, loh.

Film "Nanti Kita Cerita tentang Hari Ini" menjadi salah satu film paling favorit di tahun 2020. Meraih jumlah penonton yang terbilang sangat banyak. Dalam 20 hari saja, film tersebut mendapat lebih dari 2 juta penonton.

2. Terima Kasih Emak Terima Kasih Abah

https://www.youtube.com/embed/QqT-ySdVrMQ

Sebuah kisah apik juga digambarkan dalam film dengan judul "Terima Kasih Emak Terima Kasih Abah" yang disutradarai oleh Dedi Setiadi. Sebuah film yang menceritakan kehidupan dari keluarga Abah dan Emak yang diperankan oleh Adi Kurdi dan Novia Kolopaking.

Kehidupan mereka sangat bahagia, apalagi Emak dan Abah yang dikelilingi oleh cucu-cucu tercintanya. Namun di kondisi ekonomi yang sedang terpuruk, sang cucu menginginkan agar ulang tahunnya dirayakan. Sebuah perjuangan di mulai kala itu.

Masalah datang silih berganti hingga puncaknya Abah yang mengalami kecelakaan. Kesabaran sang emak yang digambarkan dalam film ini menjadi salah satu potret yang luar biasa, loh. Wajib banget untuk kamu tonton!

Baca Juga: 5 Tips Menceritakan tentang Dirimu saat Proses Interview

Lanjutkan membaca artikel di bawah

Editor’s picks

3. Keluarga Cemara

https://www.youtube.com/embed/sGaeDzD_3o0

Film tentang keluarga selanjutnya adalah "Keluarga Cemara" yang diperankan oleh Nirina Zubir dan Ringgo Agus Rahman. Menceritakan tentang keluarga yang awalnya sangat kaya raya namun karena ditipu harta bendanya habis begitu saja.

Satu keluarga diharuskan pindah ke desa, hingga akhirnya banyak masalah-masalah yang terjadi di dalam keluarga tersebut. Rasa ketidak nyamanan saat adaptasi hidup di desa dikemas dengan sangat apik.

Film "Keluarga Cemara" menyabet banyak penghargaan, loh. Ada 6 penghargaan berhasil didapatkan di Piala Maya tahun 2019. Kemudian di Festival Film Indonesia mendapatkan 2 penghargaan.

4. Sabtu Bersama Bapak

https://www.youtube.com/embed/8n8ccbyY9qI

Kisah manis dalam keluarga juga diceritakan dengan apik melalui film "Sabtu Bersama Bapak" pada tahun 2016 silam. Itje yang diperankan oleh Ira Wibowo, setelah kematian suaminya, dirinya berusaha untuk menutupi keadaan kesehatannya.

Anak-anaknya yang sukses dan hidup terpisah bahkan tidak diberi tahu saat Itje melakukan operasi pengangkatan kanker payudara. Hal tersebut karena Itje yang tidak ingin merepotkan sang anak.

Hingga akhirnya rahasia tersebut terbongkar hingga membuat kedua anaknya Satya dan Cakra mengalami kesedihan yang mendalam. Film ini punya alur ceritanya yang keren banget, loh!

5. Cek Toko Sebelah

https://www.youtube.com/embed/r9NJveLN3zI

Sebuah film yang menceritakan tentang hubungan anak dan orang tua lainnya adalah "Cek Toko Sebelah." Sebuah kisah seorang anak dari etnis Tionghoa yang berusaha untuk meraih pendidikan setinggi mungkin namun pada akhirnya dia harus bekerja di toko orang tuanya sendiri.

Konflik diciptakan dengan apik oleh para aktornya. Penonton akan dibawa ke dalam alur cerita. Tertawa, sedih, dan lainnya akan kamu rasakan saat menonton film ini. Banyak yang bisa kamu ambil. Pesan yang disampaikan juga sangat dalam, khususnya menghormati orang tua.

Film tentang keluarga memang sangat menarik untuk ditonton. Banyak pesan penting yang bisa kamu ambil hikmahnya. Konflik sehari-hari yang dibangun bisa kamu jadikan gambaran saat menghadapi masalah yang serupa. Best banget, deh!

Baca Juga: 5 Alasan Orang Sering Menceritakan tentang Dirinya, Egoiskah?

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.