5 Film Drama Indonesia 2022 Ini Diadaptasi dari Novel Laris

Jadi rekomendasi tontonan film nih

5 Film Drama Indonesia 2022 Ini Diadaptasi dari Novel Laris
image

Alur cerita yang menarik hingga larisnya sebuah novel membuat sineas berusaha tertarik membuat versi adaptasinya dalam bentuk film layar lebar. Hingga saat ini, sudah banyak sekali film adaptasi novel yang gak kalah sukses dari bukunya.

Nah, buat kamu yang mencari rekomendasi tontonan, berikut ini film drama Indonesia di tahun 2022 yang diadaptasi dari novel laris. Simak daftarnya!

1. Merindu Cahaya De Amstel

https://www.youtube.com/embed/AcuV4mmgj08

Bergenre drama religi, film Merindu Cahaya De Amstel adalah film yang diadaptasi dari sebuah novel berjudul sama, karya Arumi E. Novel ini pun terinspirasi dari kisah nyata dari perjalanan spiritual seorang gadis Belanda bernama Marien Veenhoven. Film ini dirilis pada Januari 2022 lalu.

Film Merindu Cahaya De Amstel menceritakan tentang perjalanan spiritual Khadija alias Marien yang baru memeluk agama islam. Hingga suatu ketika, Khadija bertemu dengan seorang fotografer dan jurnalis bernama Nico.

Film ini dibintangi Amanda Rawles sebagai Marien/Khadija Veenhoven, Rachel Amanda sebagai Kamala Nareswari, Bryan Domani sebagai Nicholas van Dijk, hingga Oki Setiana Dewi sebagai Fatimah.

2. Dear Nathan: Thank You Salma

https://www.youtube.com/embed/8wTYyVhLZmE

Film Dear Nathan: Thank You Salma diangkat dari novel karya Erisca Febriani. Ini adalah film ketiga dari trilogi Dear Nathan.

Film Dear Nathan: Thank You Salma bercerita tentang seorang perempuan bernama Zanna, yang mendapatkan kekerasan seksual oleh temannya di kampus. Zanna pun berusaha untuk bisa menghilangkan trauma yang dia alami dibantu oleh beberapa sahabatnya termasuk Nathan.

Film yang rilis pada 13 Januari 2022 ini berhasil mendulang 700 ribu lebih penonton. Film ini dibintangi Jefri Nichol, Amanda Rawles, Susan Sameh, Indah Permatasari, hingga Ardhito Pramono.

Baca Juga: 10 Film Indonesia tentang Pria yang Terjebak Cinta Segitiga

3. Cinta Subuh

https://www.youtube.com/embed/DD79b9xhvkI

Disutradarai oleh Indra Gunawan, film Cinta Subuh diadaptasi dari novel karya Ali Farighi. Bergenre drama religi, film ini sangat cocok untuk ditonton oleh kamu yang sedang berusaha memperbaiki diri atau sedang dalam tahap mencari pendamping hidup.

Film Cinta Subuh mengisahkan perempuan solehah bernama Ratih, yang bingung dalam menentukan sebuah pilihan. Dia bingung antara harus memilih seorang lelaki yang serius dan sudah mapan atau memilih pria yang masih menjadi mahasiswa namun dia cintai. 

Film ini dibintangi oleh Dinda Hauw sebagai Ratih, Roger Danuarta sebagai Arya Satria Negara, Rey Mbayang sebagai Angga, Cut Meyriska sebagai Ralyna Taslimah, Dhini Aminarti sebagai Septi, hingga Syakir Daulay sebagi Dodi. Cinta Subuh rilis di bioskop pada 19 Mei 2022 lalu.

4. Ranah 3 Warna

https://www.youtube.com/embed/7elVqrU6I-I

Masih drama religi, film Ranah 3 Warna merupakan hasil adaptasi novel Ahmad Fuadi, penulis Negeri 5 Menara. Film Negeri 5 Menara sendiri tayang pada 2012.

Dalam film ini, Alif yang lulus dari pondok madani melanjutkan mimpinya untuk sukses seperti BJ Habibie dan hijrah ke Amerika Serikat. Di saat semangat Alif sedang tinggi-tingginya dalam menuntut ilmu, dia malah bertemu dengan perempuan yang berhasil mencuri hatinya, Raisa. Antara asmara atau cita-cita menjadi pilihan terberat yang harus Alif putuskan.

Selain Arbani Yajiz yang berperan sebagai Alif, film ini juga dibintangi oleh aktor dan aktris lainnya. Seperti Amanda Rawles, Teuku Rassya, hingga Miqdad Addausy. Film ini dirilis pada 30 Juni 2022.

5. Bukan Cinderella

https://www.youtube.com/embed/zZsN2BMFuWw

Terakhir, ada film Bukan Cinderlla yang juga diadaptasi dari novel karya Dhety Azmi yang dirilis di Wattpad. Cerita ini sudah dibaca di Wattpad lebih dari 10 juta kali, lho! Filmnya sendiri rilis pada 28 Juli 2022.

Film Bukan Cinderella menceritakan perjalanan cinta seorang gadis SMA bernama Olivia (Fuji). Olivia adalah perempuan yang gigih dalam mendapatkan apa yang dia mau. Hingga suatu ketika, dia sadar kalau sepatu kesayangannya tertukar. Hingga akhirnya, Olivia harus berhadapan dengan pria yang sangat angkuh bernama Wijaya (Rafael Adwel). 

Setelah melihat rekomendasi film-film di atas, apakah kamu tertarik untuk membaca novelnya atau menonton filmnya?

Baca Juga: 10 KDrama Tersedih Berbagai Genre, Ada Drama Kim Woo Bin

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.