20 Rekomendasi Anime Romantis Sepanjang Masa yang Bikin Baper

Penggemar anime romansa mungkin kesulitan memilih judul anime untuk ditonton. Berikut beberapa rekomendasi anime romantis yang bikin baper.

20 Rekomendasi Anime Romantis Sepanjang Masa yang Bikin Baper
-

Ada banyak anime romantis yang wajib ditonton. Kisah romantis yang disuguhkan dijamin menarik hati setiap penggemar anime, baik dengan sedikit sentuhan komedi maupun kisah romantis yang memilukan.

Penggemar genre romansa mungkin mengalami kesulitan memilah-milah judul anime romantis untuk ditonton. Simak berikut ini beberapa rekomendasi anime romantis yang bikin baper.

Rekomendasi Anime Romantis Terbaik

1. Kawaii dake ja Nai Shikimori-san

Rekomendasi anime romantis.Foto: Tangkapan layar IMDb

Anime dengan judul bahasa Inggris Shikimori's Not Just a Cutie ini dirilis oleh studio Doga Kobo dengan 12 episode. Debutnya selama musim semi 2022 menjadi pertunjukan menarik yang menggemaskan.


Anime ini menonjol sebagai sesuatu yang unik dengan menceritakan sebuah hubungan dua insan di mana sang tokoh perempuan, Shikimori, digambarkan memiliki sifat cool. Anime ini menyajikan alur cerita yang fresh dan manisnya kisah cinta dua sejoli.

2. Nana

Rekomendasi anime romantis.Foto: Tangkapan layar IMDb

Anime yang tayang pada tahun 2006 ini dirilis oleh studio Madhouse dengan 47 episode. Salah satu shoujo paling terkenal dan populer sepanjang masa, Nana adalah anime yang wajib ditonton oleh semua orang. Bertahun-tahun berlalu, alur ceritanya masih jadi favorit para penggemar sinema anime.

Bercerita tentang dua wanita bernama Nana, yang tampak sangat berbeda tetapi menemukan diri mereka dalam situasi asmara yang sangat mirip. Akhir cerita diceritakan begitu mengejutkan, semua tidak berakhir seperti yang diharapkan pemirsa. Selama 47 episode, Nana mengeksplorasi pandangan kedua protagonis tentang cinta melalui serangkaian hubungan yang berbeda.

3. Kaichou wa Maid-sama!

Anime dengan judul bahasa Inggris Maid Sama! ini dirilis oleh studio Staf JCS dengan 26 episode. Maid Sama! memiliki banyak alasan mengapa mampu menenggelamkan anime roman yang lainnya. Namun harus diakui Maid Sama menyuguhkan cerita yang klise dengan pemeran utama pria yang terlalu sempurna, tokoh protagonis wanita, dan cinta segitiga tanpa alasan.

Maid Sama! adalah semua tentang hubungan antara kekasih Takumi Usui dan ketua OSIS yang membenci pria, Misaki Ayuzawa. Ayuzawa adalah sosok yang lebih disiplin karena dia harus menyeimbangkan kehidupan sekolah, rumah, dan pekerjaannya yang sibuk. Setelah Takumi mengetahui bahwa Ayuzawa bekerja menjadi seorang Maid, ia mengambil kesempatan untuk melihat sisi lain dari ketua OSIS.

4. Sakura-sou no Pet na Kanojo

Anime dengan judul bahasa Inggris The Pet Girl of Sakurasou ini dirilis oleh studio Staf JC dengan 24 episode. The Pet Girl of Sakurasou menceritakan sekelompok karakter eksentrik melalui perjalanan penemuan jati diri. Setelah karakter utama Sorata Kanda diusir dari asrama utama sekolahnya, dia terpaksa pindah ke Rumah Sakura yang tidak terhormat.

Di sana, Sorata mengenal sejumlah siswa berbakat tapi bermasalah. Ketika seorang seniman muda aneh pindah ke asrama, Sorata ditugaskan untuk membantunya menyesuaikan diri dengan kehidupan barunya. Serial ini mengeksplorasi dinamika antar pasangan di asrama.

5. Kaguya-sama wa Kokurasetai: Tensai-tachi no Renai Zunosen

Anime dengan judul bahasa Inggris Love Is War ini dirilis oleh studio A-1 Pictures dengan 39 episode. Bercerita tentang dua sejoli yang menonjolkan kecerdasan dan keterampilan yang kuat untuk mencoba memaksa satu sama lain mengakui cinta mereka terlebih dahulu. Tidak ada yang mau kalah dan dianggap lebih rendah.

Petualangan mereka menjalankan OSIS di sekolah elit bersama teman-temannya tidak kalah kocaknya sambil tetap memberikan momen yang akan membuat penonton ikut salah tingkah. Ditayangkan pada Musim Semi 2022, anime romantis dengan sentuhan komedi ini wajib ditonton.

6. Wotaku ni Koi wa Muzukashii

Anime dengan judul bahasa Inggris Wotakoi: Love is Hard for Otaku ini dirilis oleh studio A-1 Pictures dengan 11 episode. Romansa remaja cenderung menjadi pusat perhatian dalam hal anime, tetapi ada beberapa pengecualian. Series ini hadir menjadi komedi dari latar belakang tempat kerja yang menceritakan tentang dua pasangan. Ada Hirotaka Nifuji dan Narumi Momose yang baru meresmikan cintanya dan Tarou Kabakura dan Hanako Koyanagi yang sudah lebih lama menjalin kasih. Seri ini lebih berfokus pada humor daripada roman yang cukup realistis.

7. Kokoro Connect

Anime ini dirilis oleh studio Silver Link dengan 17 episode. Kokoro Connect mengambil skenario cinta segitiga yang menambahkan sentuhan supernatural ke dalamnya. Ceritanya tentang para siswa bernama Taichi, Iori, Yui, Yoshifumi, dan Himeko yang semuanya merupakan bagian dari Klub Penelitian Budaya Siswa sekolah mereka. Kelompok tersebut menjalani kehidupan yang cukup normal sampai makhluk misterius bernama Heartseed memberi mereka kemampuan supernatural.

Sejak saat itu mereka mengalami berbagai fenomena indera, menguji hubungan mereka masing-masing dan mengungkap berbagai aspek kepribadian mereka yang lebih suka disembunyikan. Anime ini memiliki banyak pengembangan karakter yang hebat, membuat pengalaman yang menarik, tak sekedar romansa biasa.

8. Seishun Buta Yarou wa Bunny Girl Senpai no Yume wo Minai

Anime dengan judul bahasa Inggris Rascal Does Not Dream Of Bunny Girl Senpai ini dirilis oleh studio Clover Works dengan 13 episode dan satu film. Dalam cerita Rascal Don't Dream Of Bunny Girl Senpai, romansa menjadi bagian terbaik dari seri ini. Anime ini berkisah tentang Sakuta Azusagawa, seorang siswa SMA yang baru saja menemukan cara untuk menemukan gadis-gadis yang menderita Adolescence Syndrome, sebuah penderitaan yang memanifestasikan rasa tidak aman mereka.

Sementara seri ini dibagi menjadi beberapa busur yang menampilkan gadis-gadis yang berbeda, sorotannya adalah kisah pertama yang berputar di sekitar Mai Sakurajima, seorang aktris yang memiliki hubungan dekat dengan Sakuta. Sakuta dan Mai memiliki ketegangan romantis, kehangatan, dan kecerdasan. Hubungan mereka terbangun dan berpuncak pada sekuel film yang memuaskan.

9. Toradora!

Anime ini dirilis oleh studio Staf JC dengan 25 episode dengan genre romcom slice-of-life klasik. Ceritanya tentang Ryuji Yusaku dan Taiga Aisaka, dua siswa yang naksir sahabat satu sama lain. Keduanya diperlakukan sebagai orang buangan, Ryuji karena penampilannya yang mengintimidasi dan Taiga karena temperamennya yang meledak-ledak, sehingga keduanya bersatu untuk membantu yang lain dengan kehidupan cinta mereka. Serial ini mengeksplorasi dinamika antara dua pemeran utama dan berbagai kecelakaan yang terjadi sepanjang upaya mereka untuk saling membantu.

10. Ouran High School Host Club

Anime ini dirilis oleh studio Bones dengan 26 episode dengan momen-momen romansa ringan. Setelah memecahkan vas antik milik Klub Tuan Rumah sekolahnya, Haruhi Fujioka terpaksa membayar hutangnya dengan menyamar sebagai anak laki-laki dan bekerja sebagai tuan rumah sendiri. Serial ini adalah pertunjukan yang bagus untuk penggemar Shojo, dengan pemeran karakter yang mengesankan sepanjang pertunjukan.

11. Chuunibyou demo Koi ga Shitai!

Anime dengan judul bahasa Inggris Love, Chunibyo & Other Delusions! ini dirilis oleh studio Kyoto Animation dengan 24 episode dan satu film. Serial ini berkisah tentang kondisi yang disebut Chunibyo, istilah untuk menggambarkan remaja dengan delusi yang muluk dan tidak realistis.

Setelah tumbuh dari fase delusinya, Yuta Togashi terlihat memiliki kehidupan sekolah menengah yang normal. Segalanya menjadi kacau ketika teman sekelasnya, Rikka Takanashi, mengingatkannya akan masa lalunya dan mencoba menyeretnya kembali ke dunia Chunibyo melalui delusinya sendiri. Serial ini mengeksplorasi hubungan antara keduanya saat Yuta menemukan apa yang memicu delusi Rikka.

12. Kimi ni Todoke

Anime dengan judul bahasa Inggris Kimi Ni Todoke: From Me To You ini dirilis oleh studio IG Productions dengan 37 episode. Kimi ni Todoke adalah tentang persahabatan manis antara Sawako Kuronuma yang pemalu dan Shouta Kazehaya yang populer. Diolok-olok karena terlihat seperti Sadako dari The Ring, Sawako adalah sosok yang terisolasi di sekolah, dan dibutuhkan banyak hal bagi gadis itu untuk merubahnya. Untungnya, Kazehaya adalah orang yang tepat untuk pekerjaan itu. Serial ini lucu dan menghangatkan hati.

13. Yesterday wo Utatte

Sing "Yesterday" for Me (dalam bahasa Inggris) menggambarkan romansa dengan cara yang realistis sehingga sangat menyegarkan jika dibandingkan dengan anime lainnya. Mengambil kisah cinta segitiga klasik, tetapi endingnya sangat memuaskan dan menunjukkan bagaimana romansa yang gagal terkadang masih bisa berakhir dengan persahabatan yang kuat.

Disutradarai oleh Yoshiyuki Fujiwara, sutradara anime terkenal seperti Attack on Titan dan Sword Art Online, anime ini menakjubkan dan berbeda dari cerita yang lain.

14. Bijih Monogatari!!

Anime romantis ini luar biasa karena karakter utamanya Takeo Gouda. Siswa sekolah menengah yang tinggi, lebar, dan benar-benar mengintimidasi ini jatuh cinta pada Rinko yang mungil ini menghangatkan hati. Perasaannya menunjukkan bahwa Takeo memiliki hati emas. Setiap orang yang menonton pasti akan mendukung hubungan manis Takeo dan Rinko.

15. Horimiya

Penggemar anime menjadikan Horimiya sebagai debut komedi romantis yang paling banyak dilihat sepanjang masa yang menakjubkan. Horimiya adalah salah satu anime terbaik di musim dingin 2021.

Izumi dan Kyouko terlihat sangat cocok, mereka perlahan keluar dari cangkangnya dan menemukan betapa sempurnanya mereka satu sama lain. Serial ini memiliki banyak momen mengharukan seperti momen lucu kedua insan.

16. NHK ni Youkoso!

Ada istilah yang berasal dari Jepang untuk menggambarkan orang-orang yang menghindari kontak sosial apa pun, yakni hikikomori. Anime ini mengikuti seorang hikikomori bernama Tatsuhiro yang percaya pada teori konspirasi bahwa Nihon Hikikomori Kyokai (NHK) berada di balik isolasinya saat ini.

Setelah bertemu dengan Misaki yang misterius, dia mulai sedikit keluar dari cangkangnya, berjuang dengan masalah isolasi yang disebabkan oleh diri sendiri. Ia mencoba mencari pekerjaan dan membuka diri kepada orang baru yang dia minati.

17. Shigatsu wa Kimi no Uso

Rekomendasi anime romantis.Foto: Tangkapan layar IMDb

Salah satu anime roman paling terkenal, Your Lie in April menceritakan Kousei Arima dan Kaori Miyazono. Menderita depresi setelah kematian ibunya, Kousei telah kehilangan hasratnya terhadap piano, memaksanya untuk menjauh dari seni pertunjukan. Suatu hari, anak laki-laki itu mendengar Kaori memainkan biolanya dengan rasa kebebasan yang membangkitkan kembali minatnya pada musik. Kousei juga menjadi terpikat dengan gadis itu.

Anime ini bercerita tentang kesedihan, kehidupan, cinta, dan musik. Perjalanan Kousei menuju penyembuhan diri sangat sulit, panjang, dan penuh dengan patah hati. Namun, dalam perjalanannya, ia juga menemukan keindahan, kelembutan, dan kegembiraan.

18. Sono Bisque Doll wa Koi wo Suru

Rekomendasi anime romantis.Foto: Tangkapan layar IMDb

Wakana Gojou dan Marin Kitagawa hidup di dunia yang sama sekali berbeda. Gojou benar-benar terisolasi dan pendiam, tidak memiliki teman dan membuat dirinya terpisah dari orang lain. Sebaliknya, Kitagawa populer, ramah, dan percaya diri.

Kitagawa tertarik pada cosplay dan mengetahui bahwa Gojou mungkin orang yang tepat untuk membuatkan pakaian untuknya. My Dress-Up Darling (judul dalam bahasa Inggris) adalah anime roman yang menarik.

19. Tamako Market And Tamako Love Story

Rekomendasi anime romantis.Foto: Tangkapan layar IMDb

Tamako Market, sebuah acara yang menjadi populer karena sekuel romantis Tamako Love Story. Sekuelnya ditayangkan perdana di Jepang pada 26 April 2014. Kisah indah ini bercerita tentang dua teman yang berkomunikasi dengan kaleng dan tali di kamar tidur mereka.

Sekuel Karakter utama Tamako Kitashirakawa, membantu keluarganya menjalankan toko mochi dan menemukan jenis mochi baru. Mochizo Oji adalah teman masa kecil Tamako. Keluarganya juga menjalankan toko mochi. Mereka tinggal di seberang jalan, dan karena jendela kamar tidur mereka saling berhadapan, mereka berbicara dengan kaleng dan tali. Romantis ya?

20. Sukitte Ii Na Yo

Sukitte Ii Na Yo (juga dikenal dalam judul bahasa Inggris Say "I Love You") adalah serial anime yang diadaptasi dari manga oleh Kanae Hazuki. Mei adalah gadis yang canggung dan pemalu. Sementara Yamato adalah pria yang populer dan santai dengan teman-teman di sekitarnya.

Sukitte Ii na yo adalah permata dari salah satu kisah shoujo tua yang unik yang menarik bagi pemirsa. Serial ini adalah salah satu yang harus ditonton karena cara menggambarkan dirinya sendiri.

Nah detikers, itulah tadi rekomendasi 20 anime romantis. Selamat menonton!

Simak Video "Sensasi Makan Raos Pisaan Euy, Dapur Kraton Cimahi"
[Gambas:Video 20detik]
(aau/fds)