11 Rekomendasi Film dari Kisah Nyata yang Menginspirasi

Ada banyak film yang dapat memberikan pelajaran hidup, salah satunya yang diangkat dari kisah nyata. Berikut rekomendasi film kisah nyata yang menginspirasi.

11 Rekomendasi Film dari Kisah Nyata yang Menginspirasi
Jakarta, CNN Indonesia --

Ada banyak film yang dapat memberikan pelajaran hidup, salah satunya film dari kisah nyata. Tema yang dihadirkan pun beragam, mulai dari perang, drama, biografi, hingga thriller.

Selain kisahnya yang menarik, film-film tersebut juga memberikan pesan dan pelajaran hidup bagi para penontonnya. Beberapa di antaranya juga meraih penghargaan dan merupakan film terbaik yang sayang untuk dilewatkan.

Tak hanya dari mancanegara, tetapi ada juga judul-judul film dari Indonesia sehingga memberikan banyak pilihan tontonan yang beragam. Berikut sejumlah film dari kisah nyata yang dihimpun dari berbagai sumber.

1. Forrest Gump (1994)

Potongan gambar dari film Forrest Gump (1994)Rekomendasi film dari kisah nyata, salah satunya Forrest Gump (Foto: Paramount Pictures)

Dirilis tahun 1994, Forrest Gump menjadi salah satu film dari kisah nyata yang inspiratif yang sayang untuk dilewatkan. Film lawas ini bercerita tentang Forrest Gump yang berlari mengelilingi Amerika Serikat.

Salah satu adegan yang mengesankan dari film ini adalah saat Gump lari dengan kalimat "Run, Forrest, Run!". Film ini juga berhasil memperoleh banyak penghargaan dan meraih rating 8,8 di situs IMDb.

2. Into The Wild (2007)

Into The Wild merupakan film yang cukup populer. Film ini diangkat dari kisah nyata petualangan Christoper McCandless yang memutuskan untuk meninggalkan kehidupannya di kota dan memilih tinggal di alam liar.

Christoper menghadapi banyak hal sulit selama tinggal di alam liar. Mulai dari persediaan makanan yang menipis hingga cuaca yang berubah ekstrem. 

3. Hachi: A Dog's Tale (2009)

Hachi: A Dog's TaleRekomendasi film dari kisah nyata, salah satunya Hachi: A Dog's Tale (Foto: Stage 6 Films)

Hachiko: A Dog's Story atau Hachi: A Dog's Tale merupakan film drama asal Amerika Serikat yang bercerita tentang kisah anjing bernama Hachiko yang setia. Hachiko selalu menunggu Profesor Parker di Stasiun Shibuya bahkan hingga tuannya itu meninggal.

Film Hachiko: A Dog's Story adalah remake dari film Jepang berjudul Hachiko Monogatari yang diproduksi tahun 1987. 

4. Habibie & Ainun (2012)

Selanjutnya adalah film biografi tentang kisah cinta Presiden ketiga B.J. Habibie dan sang istri, Hasri Ainun Besari. Keduanya saling mencintai dan memutuskan untuk menikah.

Namun, kabar buruk menghampirinya mereka. Di tahun 2010, Ainun didiagnosis mengidap kanker.

5. Tenggelamnya Kapal Van der Wijck (2013)

Tenggelamnya Kapal Van der Wijck merupakan film yang diangkat dari kisah nyata kejadian kapal Van der Wijck yang tenggelam di Perairan Brondong Lamongan, Jawa Timur pada tahun 1936.

Film ini bercerita tentang Zainuddin yang berlayar menuju kampung halamannya di Batipuh, Padang Panjang. Di sana, ia bertemu dengan gadis keturunan bangsawan bernama Hayati dan saling jatuh cinta.

Namun mereka tak dapat bersatu karena terhalang adat. Kisah cinta mereka menemui ujian terberatnya saat Hayati melakukan perjalanan dengan kapal Van der Wijck.

6. Captain Philips (2013)

Captain Philips merupakan film tentang seorang nakhoda Kapal Cargo Maersk Alabama dalam menghadapi perompak. Ketika berada di tengah laut, kapal yang dipimpin Captain Philips tersebut didatangi perompak Somalia pimpinan Muse.

Film ini cocok ditonton bagi kamu yang menyukai tontonan tentang pembajakan kapal dan penyanderaan yang menegangkan.

7. Hacksaw Ridge (2016)

Hacksaw Ridge merupakan film yang yang berkisah tentang prajurit perang Amerika bernama Desmond Doss. Ia adalah sosok prajurit yang enggan membunuh dan melukai seseorang meskipun lawannya.

Film ini akan memberikan gambaran bagaimana perjuangan Doss dalam bertahan hidup di tengah perang dan bagaimana ia menolong orang-orang.

8. Hotel Mumbai (2018)

Film Hotel MumbaiRekomendasi film dari kisah nyata, salah satunya Hotel Mumbai (Foto: Arsip India Take One Productions via IMDb)

Hotel Mumbai merupakan film yang mengisahkan tentang kejadian pilu serangan teroris yang terjadi di Taj Mahal Palace Hotel. Film bergenre drama action ini menyajikan ketegangan bagi para penontonnya.

Film ini dimulai dengan kelompok teroris yang menyerang hotel. Seorang staf hotel berusaha menyelamatkan para tamu dari aksi teroris.

9. 22 Menit (2018)

22 Menit merupakan film yang diangkat dari kisah nyata peristiwa bom Thamrin. Dikisahkan seorang anggota pasukan antiterorisme yakni AKBP Ardi berusaha untuk memburu pelaku pengeboman.

Seorang polisi lalu lintas bernama Firman berhasil meringkus pelaku dalam 22 menit yang terjadi di Jakarta pada Januari 2016 tersebut.

10. Togo (2019)

Togo merupakan film tentang perjuangan seorang anjing bernama Togo dan sang majikan. Mereka melawan badai salju demi membawa serum untuk memnyembuhkan epidemi difteri di tahun 1925.

Film yang dirilis tahun 2019 ini menjadi salah satu rekomendasi film bertahan hidup yang menegangkan dan emosional.

11. The Kashmir Files (2022)

Terbaru, ada film berjudul The Kashmir Files. Film ini menceritakan tentang bagaimana para Pengungsi Pandit Kashmir bertahan hidup.

Film bergenre thriller dan misteri ini juga sekaligus menjadi investigasi atas tragedi kemanusiaan atas aksi genosida kejam di Kashmir pada tahun 1990.

Itulah rekomendasi film dari kisah nyata yang menginspirasi. Selamat menonton!

(juh)

[Gambas:Video CNN]