10 Rekomendasi Film Indonesia Terbaik di OTT

Simak 10 rekomendasi film Indonesia terbaik di OTT pilihan Bazaar.

10 Rekomendasi Film Indonesia Terbaik di OTT
10 Rekomendasi Film Indonesia Terbaik di OTT
Courtesy of Pexels

Libur Lebaran merupakan momen yang sempurna untuk menghabiskan waktu bersama keluarga, salah satunya dengan menyaksikan film bersama, atau movie marathon di OTT.

BACA LAGI: 25 Rekomendasi Film Terbaik di Prime Video

Apa itu OTT? OTT, atau over-the top media media service, adalah media atau platform streaming, seperti film, serial, ataupun acara televisi yang ditayangkan oleh berbagai Production House. Dengan adanya media ini, Anda hanya perlu perangkat, seperti laptop dan smart TV, dan sambungan internet untuk menyaksikan film yang Anda inginkan di berbagai streaming platform. Di antaranya ada Netflix, Amazon Prime Video, HBO Max, Viu, Video, iFlix, Disney Hotstar, dan masih banyak lagi yang tersedia di Indonesia. 

Mudah, bukan? Nah, kalau sudah berlangganan, saksikan 10 rekomendasi film Indonesia di bawah ini yang dapat disaksikan saat libur panjang Lebaran!

1. Penyalin Cahaya

Penyalin Cahaya
Courtesy of IMDb

Film karya Wregas Bhanuteja ini pertama kali tayang di fesival film internasional dan kini memutuskan untuk tayang streaming di Netflix.

Penyalin Cahaya berkisah tentang seorang mahasiswa, Suri, yang mengalami sebuah situasi yang tidak menguntungkan. Dalam menyelidiki kasusnya, ia pun mendapatkan fakta yang mencengangkan yang melibatkan perbuatan kakak tingkatnya terhadapnya dan banyak orang lainnya di kampus mereka. Tema yang diangkat mengenai pelecehan seksual, sebuah topik sensitif yang sering menjadi bahan pembicaraan di masyarakat. Walaupun mengandung tema yang berat, Wregas dapat merangkum alur cerita dengan rapi dan jelas, didukung oleh visual yang memukau, sehingga respons para penonton pun positif. Penasaran? Yuk, stream sekarang!

2. The Big 4

The Big 4
Courtesy of IMDb

Bercerita tentang seorang detektif yang menyelidiki tentang kasus kematian ayahnya yang mengantarnya kepada fakta yang sangat mengejutkan: ayahnya adalah seorang kepala geng pembunuh berantai dengan empat anak buah. Film action comedy ini berhasil menghadirkan adegan penuh dengan aksi, lengkap dengan selipan komedi, yang bikin penonton penasaran dan betah untuk terus menyaksikan film karya Timo Tjajanto ini. The Big 4 baru tayang di Netflix, tetapi terus menjadi salah satu film Indonesia yang berhasil memukau para penonton. 

3. Mencuri Raden Saleh

Mencuri Raden Saleh
Courtesy of IMDb

Mencuri Raden Saleh, yang dibintangi diantaranya oleh Iqbaal Ramadhan, Angga Yunanda, Rachel Amanda, Aghniny Haque, dan Umay Shahab, dapat disaksikan di platform streaming Netflix mulai dari 5 Januari 2023 kemarin. Film ini sendiri menceritakan seorang ahli pemalsu yang bertekad mencuri lukisan dengan harga tak ternilai dengan bantuan teman-temannya demi menyelamatkan sang ayah. Memiliki beberapa plot twist yang mengejutkan membuat film action comedy ini tidak membosankan dan layak ditonton, terutama di hari libur lebaran. 

4. Before, Now & Then (Nana)

Before, Now & Then (Nana)
Courtesy of IMDb

Semula akan tayang di bioskop, film Before, Now and Then berubah haluan menjadi tayang di platform digital Prime Video mulai dari bulan Agustus lalu. FIlm ini berkisah tentang seorang perempuan bernama Nana yang hidup pada tahun ‘60-an dan tinggal bersama suaminya, menjalani kehidupannya dengan trauma masa lalu yang kian membekas, yang pastinya menceritakan kisah haru dan memiliki pesan moral yang relevan apalagi untuk Anda yang sudah menikah. Film ini pun sukses mendapat sambutan yang baik dari publik internasional, serta mendapat apresiasi tinggi dalam Festival Film Indonesia, dengan membawa pulang sejumlah piala citra. 

5. Imperfect

Imperfect
Courtesy of IMDb

Film Imperfect diangkat dari sebuah buku karya Maira Anastasia “Imperfect: A Journey to Self Acceptance” oleh sutradara sekaligus aktor Ernest Prakasa. Film ini fokus terhadap karakter Rara, seorang perempuan bertubuh gendut dan memiliki kulit yang gelap, serta cenderung tidak merawat dirinya dan cuek dengan penampilannya. Meskipun begitu, ia memiliki pacarnya Dika yang mencintai dan menerimanya apa adanya.

Sedangkan, adiknya Rara, Lulu, memenuhi kriteria perempuan cantik pada umumnya: tinggi, putih, rambut lurus. Ketika Rara mendapat perlakuan diskriminasi di tempat kerjanya, itu menjadi motivasi Rara untuk menurunkan berat badan dan merawat dirinya, sehingga ia pun menjadi cantik sesuai dengan social beauty standards di Indonesia. Film ini berhasil dalam mengolah isu berat menjadi sebuah cerita yang ringan dan relevan dalam kehidupan sehari-hari.

6. Ali & Ratu Ratu Queens

Ali & Ratu Ratu Queens
Courtesy of IMDb

Ali & Ratu Ratu Queens fokus terhadap karakter Ali, yang diperankan oleh Iqbaal Ramadhan, seorang remaja yang ditinggal pergi ibunya sejak kecil dan ayahnya yang baru saja meninggal. Sang ibu diketahui merantau ke New York untuk mengadu nasib sehingga tidak bisa merawat Ali dari kecil. Dengan uang yang tersisa, Ali memutuskan untuk pergi sendiri ke New York untuk mencari ibunya.

Uniknya, ia justru bertemu dengan empat tante-tante dengan julukan ‘Ratu Ratu Queens’, dan mereka berlima membentuk hubungan istimewa, terutama setelah Ali ditolak mentah-mentah oleh Mia, ibunya sendiri. Film yang bisa ditonton di Netflix ini berkisah tentang unconditional love dalam jalan cerita yang unik dan jarang ditemukan di film lain. 

7. Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini (NKCTHI)

NKCTHI
Courtesy of IMDb

Pertama tayang pada awal tahun 2020, film Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini (NKCTHI) adalah sebuah film mengenai drama keluarga yang menceritakan sudut pandang tiga anak keluarga Narendra: Angkasa, Aurora, dan Awan. Dari luar, keluarga mereka terlihat baik-baik saja.

Namun, nyatanya ada trauma mendalam yang ditutupi sang ayah yang menciptakan dinamika keluarga yang negatif. Diadaptasi dari buku karya Marchella FP, film ini sukses dalam menyampaikan pesan yang menyentuh para penonton dan menjadi pilihan sempurna untuk disaksikan bersama keluarga ataupun para sahabat Anda.

8. Noktah Merah Perkawinan

Nokta Merah Perkawinan
Courtesy of IMDb

Diangkat dari sinetron yang pernah ada di televisi Indonesia pada tahun 1990-an, film Noktah Merah Perkawinan bercerita tentang pasangan yang mencapai titik stagnan setelah menikah 11 tahun, kemudian datanglah seorang perempuan muda yang membangkitkan percikan perasaan asmara dan mengancam hubungan pernikahan pasangan tersebut.

Dibintangi oleh Oka Antara, Marsha Timothy, dan Sheila Dara Aisha, cerita film ini relevan dengan kehidupan sehari-hari, terutama bagi pasangan yang sudah menikah sehingga pesannya pun mengandung kesan yang haru dan penuh emosi.

9. Ngeri-Ngeri Sedap

Ngeri-Ngeri Sedap
Courtesy of IMDb

Bergenre drama komedi, film Ngeri-Ngeri Sedap berkisahkan tentang keluarga Batak. Uniknya, hampir seluruh kru dan pemain merupakan penggiat seni yang memiliki darah batak. Disutradarai dan ditulis oleh Bene Dion Rajagukguk, film ini pun berdasarkan novelnya dengan judul yang sama, yang dirilis pada tahun 2014 lalu.

Setiap karakter di film ini memiliki daya tarik masing-masing dan dikemas secara tidak berlebihan sehingga mereka pun terlihat realistis. Tema utamanya seputar konflik keluarga. Walaupun diperankan oleh keluarga Batak, cerita yang dikisahkan dapat dirasakan oleh hampir semua keluarga dari darah manapun. 

10. Marlina Si Pembunuh dalam Empat Babak

Marlina Si Pembunuh dalam Empat Babak
Courtesy of IMDb

Seperti yang tertera pada judul, sutradara, Mouly Surya, menceritakan kisah Marlina dalam empat babak. Marlina, seorang janda yang tinggal sendiri di daerah Sumba, Nusa Tenggara Timur (NTT) dikisahkan sebagai seorang pembunuh yang diperankan oleh Marsha Timothy. Dari satu babak ke babak selanjutnya, jati diri Marlina perlahan-lahan terungkap, mengungkapkan siapa sejatinya sosok perempuan misterius tersebut. Mengandung komedi gelap dan juga alur cerita yang menarik dan bikin penasaran, film Marlina Si Pembunuh dalam Empat Babak membuat para penonton untuk terus mengikuti ceritanya dari awal sampai akhir. Dijamin Anda pasti tidak akan menyesal menyaksikan film ini !

Siapkan popcorn Anda dan nikmati film-film Indonesia di atas di libur lebaran Anda. 

BACA LAGI:

25 Film Komedi Terbaik di HBO Max

20 Film yang Paling Dinantikan di Tahun 2023

(Penulis: Bella Nazelina; Foto: Courtesy of Pexels, IMDb)