10 Pendapatan Game Mobile RPG Anime Terpopuler Sepanjang Mei 2023

Ranking pendapatan game mobile RPG terpopuler sepanjang Mei 2023 berhasil dikuasai oleh rilis baru HoYoverse yaitu Honkai Star Rail...

10 Pendapatan Game Mobile RPG Anime Terpopuler Sepanjang Mei 2023

Jika kamu termasuk salah satu pembaca aktif GamerWK, ada kemungkinan kalau konten pendapatan game mobile RPG sudah menjadi bacaan rutin dari waktu ke waktu. Ini adalah format konten yang memang ingin kami eksplor lebih dalam, semua dengan tujuan untuk memberi gambaran lebih jelas akan kompetisi pasar dari game gacha terpopuler saat ini dan mana yang sekiranya bisa tetap relevan dalam jangka panjang. Sebagai upaya dalam mengeksplor kontennya, mulai sekarang kami juga akan rutin membuat ranking pendapatan bulanan untuk game mobile RPG anime.

Dimulai dari Mei 2023, formatnya sendiri tidak akan berbeda jauh dari konten mingguan yang sudah kami buat. Perbedaan terbesar sudah pasti ada di data pendapatannya yang kini mencakup periode lebih panjang, sehingga bisa saja ada game yang justru meraih pendapatan total lebih tinggi dalam satu bulan meski posisinya sempat tersalip atau kurang mengesankan pada minggu tertentu.

Seperti biasa semua data yang kami ambil berdasar pada gabungan dari setiap versi gamenya di platform Android dan iOS untuk berbagai wilayah. Ini karena ada beberapa game mobile dengan versi berbeda yang dikhususkan untuk rilis Global, Jepang, China, dan juga Korea. Tentunya ada sebagian game yang mendapat rilis global langsung sehingga kami hanya perlu mencantumkan satu versi saja. Berikut detail lengkapnya:

  1. Honkai Star Rail – IDR 1.7 Triliun
  2. Genshin Impact – IDR 801 Miliar
  3. Goddess of Victory: NIKKE – IDR 565 Miliar
  4. Fate/Grand Order – IDR 457 Miliar
  5. Arknights – IDR 387 Miliar
  6. Blue Archive – IDR 226 Miliar
  7. MementoMori – IDR 152 Miliar
  8. Azur Lane – IDR 130 Miliar
  9. Honkai Impact 3rd – IDR 70 Miliar
  10. Tower of Fantasy – IDR 34 Miliar

Sesuai dugaan, khusus untuk Mei 2023 Honkai Star Rail berada di puncak dengan pendapatan hingga 2x lipat melebihi Genshin Impact yang harus mengalah di posisi kedua. Tidak mengherankan memang, karena debut Honkai Star Rail disambut dengan antusiasme luar biasa dan akan sulit digeser, setidaknya sampai Genshin mendapat update yang lebih besar di masa mendatang.

Honkai Star Rail sukses jadi game mobile RPG animedengan pendapatan tertinggi sepanjang Mei 2023
Honkai Star Rail sukses jadi game mobile RPG animedengan pendapatan tertinggi sepanjang Mei 2023

Goddess of Victory: NIKKE dan Fate/Grand Order membayangi di posisi selanjutnya dengan pendapatan yang cukup solid, apalagi bagaimana kedua game sudah mendapat rilis banner yang begitu menguntungkan pada Mei lalu. Selanjutnya ada juga Arknights yang momentumnya baru terasa setelah rilis update IL Siracusano yang ikut membawa Operator Texas versi alter. Selebihnya ranking Top 10 kali ini diikuti dengan nama-nama familiar seperti Blue Archive hingga MementoMori yang masih jadi kuda hitam.

Data di atas sudah kami konversikan langsung ke IDR agar lebih mudah dilihat dan sudah merupakan gabungan dari semua region. Data pendapatan mobile RPG ini kami ambil melalui platform AppMagic pada 5 Juni untuk rentang waktu 1 – 31 Mei 2023.

Pastikan untuk mengikuti perkembangan berita game lainnya di Gamerwk.


Hi guys, kami akhirnya sudah punya akun Twitter dan YouTube resmi! Langsung saja follow:
 
 

Jangan lupa untuk cek channel TikTok kami!
@gamerwk_id