10 Film Thailand Terbaik, Bad Genius sampai Hello Stranger

Masyarakat Indonesia tentu sudah tak asing dengan film-film asal Thailand. Simak apa saja film Thailand terbaik berikut ini.

10 Film Thailand Terbaik, Bad Genius sampai Hello Stranger
Jakarta, CNN Indonesia --

Masyarakat Indonesia tentu sudah tak asing dengan film-film asal Thailand. Apalagi, ada sejumlah film Thailand terbaik yang tak kalah apik dari film asal negara lainnya.

Umumnya, penonton Indonesia menyukai film Thailand karena memiliki cerita yang menarik dan seru. Khususnya film Thailand tentang komedi dan horor.

Selain itu, kisah yang ditawarkan terkadang memiliki kemiripan dengan yang kerap terjadi di masyarakat Indonesia. Maklum saja, Thailand merupakan negara serumpun Indonesia di kawasan Asia Tenggara, sehingga ada kemiripan budaya dan kebiasaan.

Di luar itu semua, beberapa film Thailand juga memiliki sinematografi yang apik, baik dari sisi sudut pengambilan gambar hingga penggambaran nuansa melalui color grading yang menarik.

Berikut ini 10 film Thailand yang layak untuk Anda tonton sebagai referensi menjelajahi karya industri perfilman dari Negeri Gajah Putih itu.

1. The Con-Heartist (2020)

film thailand The Con-Heartist (2020)Film Thailand terbaik, salah satunya The Con-Heartist (Foto: Jor Kwang Films)

The Con-Heartist bercerita tentang kisah Ina (Baifern Pimchanok) yang menjadi korban penipuan mantan pacarnya, Petch (Bank Thiti Mahayotaruk) hingga membuatnya harus berutang ke bank.

Ina pun mau tidak mau berhemat dan giat mengumpulkan uang untuk membayar utangnya. Suatu ketika, ia hampir kena tipu lagi oleh orang lain, yaitu Tower (Nadech Kugimiya).

Ketika sadar, Ina mengancam akan melaporkan Tower ke polisi. Namun Tower memohon hingga akhirnya Ina memiliki rencana agar Tower mau membantunya menipu Petch agar sama-sama mendapatkan uang.

2. Happy Old Year (2019)

Film Thailand Netflix ini mengangkat kisah tentang Jean (Chutimon Chuengcharoensukyin) yang ingin memiliki kantor pribadi dengan menata kembali rumahnya yang dipenuhi barang-barang kenangan almarhum ayahnya.

Jean pun berencana menjual, mengembalikan, dan membuang barang-barang itu. Saat beberes, ia menemukan barang-barang pemberian mantannya, Aim (Sunny Suwanmethanont) yang kemudian memunculkan banyak kenangan di antara mereka.

Film yang pernah menjadi wakil industri perfilman Thailand di ajang Oscar ini mendapat rating 7,2 di IMDb.

3. Friend Zone (2019)

Friend Zone (2019)Film Thailand terbaik, salah satunya Friend Zone (Foto: Netflix)

Film Thailand terbaik berikutnya adalah Friend Zone yang tayang di Netflix. Seperti judulnya, film ini bercerita tentang Palm (Naphat Siangsomboon) yang terjebak dalam zona pertemanan alias friend zone dengan Gink (Baifern Pimchanok).

Keduanya sudah bersahabat sejak masa duduk di bangku sekolah hingga berkarier. Namun, sejak dulu pula Palm memendam perasaan kepada Gink.

Padahal, Palm selalu ada untuk Gink, begitu juga sebaliknya. Namun, mereka takut hubungan asmara akan merusak pertemanan mereka selama ini. IMDb memberikan rating 7,2 untuk film ini.

4. Bad Genius (2017)

Salah satu film Thailand terbaik Netflix adalah Bad Genius yang mengantongi rating 7,6 dari IMDb. Film ini juga mendapat sejumlah penghargaan di dalam maupun luar Thailand.

Bad Genius mengangkat cerita yang terinspirasi dari kisah nyata mengenai kecurangan pelajar SMA di Thailand yang berusaha membobol sistem keamanan pengawasan ujian internasional STIC alias tes penerimaan mahasiswa ke universitas di Amerika Serikat.

Mulanya, Lynn (Chutimon Chuengcharoensukying) hanya ingin mendapatkan uang dengan menjual kunci jawaban ujian di sekolahnya. Namun, 'karier kriminalnya' berlanjut hingga ke ujian penerimaan mahasiswa.

5. The Teacher's Diary (2014)

The Teacher's Diary bercerita tentang Ann (Laila Boonyasak) yang menjadi guru di sebuah sekolah. Ann suka menulis berbagai hal yang dialaminya di buku harian.

Namun suatu ketika, Ann mendapat penugasan untuk mengajar di sekolah lain dan meninggalkan buku hariannya. Setelah Ann pergi, datang Song (Sukrit Wisetkaew) sebagai guru pengganti dan menemukan buku harian Ann.

Song membaca setiap cerita Ann di buku itu, lalu jatuh cinta dan berusaha mencari Ann. Film ini mendapat rating 7,8 di IMDb.

6. Pee Mak (2013)

Cuplikan film Pee Mak.Film Thailand terbaik, salah satunya Pee Mak (Foto: Screen Shot via Youtube GTHchannel)

Pee Mak merupakan film Thailand horor yang mengangkat legenda Mae Nak Phra Khanong yang populer di Negeri Gajah Putih. Film ini memiliki rating 7,2 dari IMDb.

Legenda ini mengisahkan tentang Mak (Mario Maurer) yang pergi berperang ketika Thailand dilanda konflik dengan negara tetangga pada abad ke-19.

Mak meninggalkan istrinya, Nak (Davika Hoorne) yang hamil tua. Suatu ketika, kejadian tragis menimpa Nak hingga meninggal. Begitu juga dengan bayinya yang diberi nama Dang. Namun masyarakat sekitar tidak ada yang tahu.

Beberapa bulan kemudian, Mak pulang dan mengajak teman-temannya menginap di rumahnya serta mengenalkannya pada Nak.

Salah satu temannya, Shin (Wiwat Kongrasri) curiga Nak adalah jelmaan hantu karena menemukan beberapa hal ganjil. Shin dan teman-temannya pun berusaha memberitahu Mak.

7. A Little Thing Called Love (2010)

Siapa yang tak tahu A Little Thing Called Love? Film Thailand lucu romantis yang mendapat rating 7,6 dari IMDb ini merupakan salah satu film populer Thailand pada masanya.

A Little Thing Called Love berkisah tentang Nam (Baifern Phimchanok), remaja perempuan yang biasa-biasa saja, tetapi menyukai Shon (Mario Maurer), remaja laki-laki populer di sekolahnya.

Awalnya Nam merasa minder karena Shon memiliki banyak penggemar, tapi ia tetap berusaha agar bisa mendapatkan perhatian Shon. Ternyata, Shon pun menyimpan rasa pada Nam.

8. Hello Stranger (2010)

Hello StrangerFilm Thailand terbaik, salah satunya Hello Stranger (Foto: Jorkwang Films Co via Imdb)

Selain A Little Thing Called Love, film Thailand yang mungkin tak asing bagi penonton Indonesia adalah Hello Stranger. Film dengan rating 7,5 di IMDb ini bercerita tentang pertemuan Dang (Chantavit Dhanasevi) dan May (Nuengthida Sophon) di Korea Selatan.

Mulanya mereka berlibur secara terpisah, Dang dengan rombongan tur, sementara May melakukan solo traveling. Namun, Dang ditinggal oleh rombongannya dan akhirnya mengikuti May. Mereka kemudian saling jatuh cinta.

9. The Billionaire (2011)

The Billionaire mengangkat biografi Top Itthipat (Pachara Chirathivat), pengusaha muda asal Thailand. Mulanya, Top adalah remaja yang senang bermain game online.

Suatu ketika, Top berhasil menghasilkan uang yang cukup besar karena menjual chip game langka. Keberhasilan ini memompa semangatnya untuk membangun bisnis lain, meski sempat jatuh bangun.

Bahkan, sampai harus berpisah dari keluarganya karena terlilit utang. Namun pada akhirnya, bisnis camilan rumput laut yang diberi nama Tao Kae Noi berhasil membuatnya sukses. Film ini mendapat rating 7,7 di IMDb.

10. Love of Siam (2007)

Love of Siam mengantongi rating 7,7 di IMDb. Film Thailand terbaik ini mengangkat kisah percintaan antar sesama jenis.

Mulanya, Tong (Mario Maurer) dan Mew (Witwisit Hiranyawongkul) adalah teman masa kecil. Namun, mereka sempat terpisah dan bertemu lagi ketika dewasa. Setelah itu mereka baru menyadari bahwa perasaan satu sama lain bukan sekadar teman biasa.

Demikian sepuluh film Thailand terbaik. Selamat menonton.

(uli/juh)

[Gambas:Video CNN]