10 Contoh Teks Ulasan Buku dan Film, Lengkap dengan Struktur dan Ciri-ciri

Teks ulasan digunakan untuk memberi penilaian terhadap suatu objek. Teks ulasan memiliki beragam jenis dan struktur tersendiri. Yuk simak 10 contohnya.

10 Contoh Teks Ulasan Buku dan Film, Lengkap dengan Struktur dan Ciri-ciri
image

Daftar Isi

Jakarta -

Ulasan menjadi salah satu tulisan yang diperlukan ketika seseorang ingin mendapatkan informasi dari suatu objek, seperti karya atau bahkan pengalaman penulis dari suatu peristiwa. Dengan membaca ulasan seseorang akan lebih mengerti dan mendapatkan pertimbangan lebih sebelum membeli suatu objek.

Umumnya ulasan digunakan untuk menilai suatu karya seperti buku, film, produk, musik, dan termasuk sebuah layanan. Ulasan ini ditulis dengan bentuk teks atau bisa diartikan sebagai tulisan resensi.

Teks ulasan berisikan pendapat atau penilaian penulis mengenai suatu objek karya. Teks ulasan ini tidak selalu membicarakan penilaian positif, namun juga penilaian yang menurut penulis terdapat suatu kekurangan dari suatu karya. Aspek lain yang dinilai dalam suatu teks ulasan umumnya seperti judul, isi cerita, atau bahkan cover buku.

Lalu, bagaimana bentuk struktur teks ulasan yang benar? Apa saja ciri dan contoh teks ulasan? Untuk penjelasan lebih lengkapnya, yuk simak informasi berikut ini.

Struktur Teks Ulasan

Teks ulasan dibagi menjadi 4 bagian, yakni orientasi, tafsiran, rangkuman, dan evaluasi. Berikut penjelasannya.

1. Orientasi

Pada bagian pertama teks ulasan yang wajib ditulis adalah orientasi. Orientasi ini membuat penjelasan mengenai gambaran secara umum suatu karya yang akan dianalisis. Penulis akan menjelaskan apa saja yang akan dibahas dalam teks ulasannya.

2. Tafsiran

Bagian selanjutnya setelah orientasi adalah tafsiran. Pada bagian tafsiran akan berisikan penjelasan detail mengenai sebuah karya yang dianalisis, seperti mengenai keunikan, keunggulan, dan penjelasan lainnya.

3. Evaluasi

Bagian ketiga dari teks ulasan yakni evaluasi. Pada bagian ini, penulis akan memberikan penilaian secara detail mengenai kelebihan dan kekurangan terhadap karya yang sedang di analisis.

Evaluasi ini juga bertujuan untuk memberikan gambaran detail kepada pembaca terkait karya yang dianalisis sehingga pembaca akan mementukan sendiri apakah karya tersebut sesuai dengan referensinya atau tidak.

4. Rangkuman

Bagian terkahir dari teks ulasan adalah rangkuman. Bagian ini berisikan kesimpulan dari seluruh penilaian seluruh aspek karya yang disampaikan oleh penulis. Penulis akan memberikan penilaian secara objektif dan menyampaikannya terang-terangan kepada pembaca.

Ciri Bahasa Teks Ulasan

Tiap bentuk teks selalu memiliki ciri khasnya masing-masing. Pada teks ulasan, ciri tersebut terletak pada penggunaan kata sikap, kata benda, dan kata kerja, metafora, merujuk pada partisipan tertentu, dan kalimatnya cenderung panjang (menggunakan kalimat majemuk). Berikut penjelasannya.

1. Penggunaan Kata Sikap

Kata sikap digunakan untuk menunjukkan perbuatan atau perilaku manusia seperti riang, gembira, teladan, dan lain sebagainya. Suatu karya yang di dalamnya terkandung nilai moral atau pun inspiratif akan ada penggunaan kata sikap. Kata sikap ini merujuk pada sikap tokoh-tokoh yang patut untuk diteladani.

2. Penggunaan Kata Benda dan Kata Kerja

Kata benda (nomina) dan kata kerja (verba) juga digunakan pada teks ulasan. Kata benda sendiri merupakan penggunaan kata yang merujuk pada manusia, binatang, hewan, benda, dan segala sesuatu yang dibendakan. Sedangkan kata kerja merupakan kata yang penggunaannya merujuk pada suatu perbuatan atau aksi.

3. Penggunaan Metafora

Metafora berati arti kata yang bukan sebenarnya, melainkan penggunaan kata yang digunakan untuk penggambaran yang berdasaran persamaan atau perbandingan.

4. Merujuk pada Partisipan Tertentu

Kata rujukan ini biasanya menyebutkan siapa yang berperan dalam sebuah karya tersebut.

5. Kalimat Cenderung Panjang

Teks ulasan juga memiliki ciri kalimat kompleks majemuk sehingga isian teks umumnya cenderung panjang.

Jenis Teks Ulasan

Teks ulasan memiliki beragam jenis tergantung penggunaannya. Dari banyaknya contoh, teks ulasan dibagi menjadi 3 jenis, yaitu teks ulasan informatif, teks ulasan deskriptif, dan teks ulasan kritis.

1. Teks Ulasan Informatif

Teks ulasan jenis informatif berisi deskripsi gambaran sebuah karya secara singkat, padat, dan jelas. Penilaian yang disampaikan hanya bagian penting saja dan selebihnya menekankan kekurangan maupun kelebihan suatu karya.

2. Teks Ulasan Deskriptif

Teks ulasan deskriptif menggambarkan penjelasan suatu karya dengan cukup detail. Poin-poin yang dijelaskan biasanya berisi tentang manfaat, pentingnya informasi, serta kekuatan argumentatif yang diulas penulis pada suatu karya. Teks ulasan jenis ini sering dilakukan pada karya fiksi.

3. Teks Ulasan Kritis

Teks ulasan jenis kritis menggunakan pendekatan yang lebih objektif dan tidak berdasarkan pandangan subjektif penulis.

Contoh Teks Ulasan

1. Contoh Teks Ulasan Novel Laskar Pelangi

Orientasi:

Novel Laskar Pelangi karya Andrea Hirata diterbitkan oleh Bentang Pustaka pada tahun 2005. Novel ini menceritakan tentang kehidupan sepuluh anak dari keluarga miskin yang bersekolah di sebuah sekolah Muhammadiyah di pulau Belitong yang penuh dengan keterbatasan.

Mereka bersekolah dan belajar pada kelas yang sama dari kelas 1 SD sampai kelas 3 SMP, dan menyebut diri mereka sebagai Laskar Pelangi. Pada bagian-bagian akhir cerita, anggota Laskar Pelangi bertambah satu anak perempuan yang bernama Flo, seorang murid pindahan. Keterbatasan yang ada bukan membuat mereka putus asa, tetapi malah membuat mereka terpacu untuk dapat melakukan sesuatu yang lebih baik.

Laskar Pelangi merupakan buku pertama dari Tetralogi Laskar Pelangi. Buku berikutnya adalah Sang Pemimpi, Edensor dan Maryamah Karpov. Naskah Laskar Pelangi telah diadaptasi menjadi sebuah film berjudul sama dengan bukunya. Film Laskar Pelangi diproduksi oleh Miles Films dan Mizan Production, dan digarap oleh sutradara Riri Riza.

Tafsiran:

Cerita dalam novel ini terjadi di desa Gantung, Kabupaten Gantung, Belitung Timur. Dimulai ketika sekolah Muhammadiyah terancam akan dibubarkan oleh Depdikbud Sumsel jikalau tidak mencapai siswa baru sejumlah 10 anak. Ketika itu baru 9 anak yang menghadiri upacara pembukaan, akan tetapi tepat ketika Pak Harfan, sang kepala sekolah, hendak berpidato menutup sekolah, Harun dan ibunya datang untuk mendaftarkan diri di sekolah kecil itu.

Mulai darisanalah dimulai cerita mereka. Mulai dari penempatan tempat duduk, pertemuan mereka dengan Pak Harfan, perkenalan mereka yang luar biasa di mana A Kiong yang malah cengar-cengir ketika ditanyakan namanya oleh guru mereka, Bu Mus.

Laskar Pelangi mengarungi hari-hari menyenangkan, tertawa dan menangis bersama. Kisah sepuluh kawanan ini berakhir dengan kematian ayah Lintang yang memaksa Einstein cilik itu putus sekolah dengan sangat mengharukan, dan dilanjutkan dengan kejadian 12 tahun kemudian di mana Ikal yang berjuang di luar pulau Belitong kembali ke kampungnya.

Kisah indah ini diringkas dengan kocak dan mengharukan oleh Andrea Hirata, kita bahkan bisa merasakan semangat masa kecil anggota sepuluh Laskar Pelangi ini!

Adapun tokoh dalam novel ini ialah Ikal sebagai 'aku' dalam cerita ini, Lintang sebagai teman sebangku Ikal yang luar biasa jenius, Sahara sebagai satu-satunya gadis dalam anggota Laskar Pelangi, Mahar sebagai pria tampan bertubuh kurus yang memiliki bakat dan minat besar pada seni, A Kiong sebagai Anak Hokian, Syahdan sebagai anak nelayan yang ceria tapi tak pernah menonjol, Kucai sebagai ketua kelas, Borek sebagai Pria besar maniak otot, Trapani sebagai pria tampan yang pandai dan baik hati, dan Harun sebagai pria yang memiliki keterbelakangan mental.

Evaluasi:

Kelemahan novel Laskar Pelangi yaitu penggunaan nama-nama ilmiah dalam cerita-ceritanya. Hal ini membuat pembaca kurang nyaman dalam membaca. Apalagi glosarium diletakkan di bagian belakang novel. Hal ini menambah ketidakpraktisan memahami istilah-istilah ini. Selain itu, imajinasi pembaca bisa terhambat jika mereka tak memahami istilah-istilah tersebut.

Alurnya yang tidak jelas. Tidak seperti Harry Potter atau Ayat-Ayat Cinta dengan alur yang enak diikuti, cerita-cerita dalam Laskar Pelangi ini alur waktunya dibolak-balik sehingga membingungkan pembaca. Apalagi tidak disebutkan tahun berapakah tiap-tiap peristiwa itu terjadi.

Namun kelebihan buku ini menceritakan tentang persahabatan dan setia kawanan yang erat dan juga mencakup pentingnya pendidikan yang begitu mendalam. Serta kisahnya yang mengharukan.

Rangkuman:

Dari novel yang di buat oleh Andre Hirata ini, saya dapat mengambil beberapa pelajaran hidup yang penting, salah satunya kita harus benar-benar menghargai hidup, menghargai semua pemberian Tuhan, tidak pantang menyerah bila menginginkan sesuatu, dan tidak ada yang tidak mungkin asalkan kita mau dan berusaha. Dan satu lagi, pintar tidak menjamin kita untuk selalu sukses, seperti cerita pada tokoh lintang, dia anak yang pintar, namun diakhir cerita dia menjadi seorang supir truk, disini saya dapat mengambil kesimpulan, bahwa semua kehidupan manusia sudah ada yang mengaturnya, yaitu Tuhan. Semua yang kita kerjakan tidak lepas dari campur tangan Tuhan.

2. Contoh Teks Ulasan Buku ALDERA: Potret Gerakan Politik Kaum Muda 1993-1999

Orientasi:

Buku ALDERA: Potret Gerakan Politik Kaum Muda 1993-1999 merekam salah satu etape perlawanan terhadap rezim otoritarianisme Orde Baru pada awal 1990-an hingga kejatuhan Soeharto. Aliansi Demokrasi Rakyat (ALDERA) memainkan peranan penting dalam interaksi perlawanan atas rezim.

Buku ini berisi 306 halaman yang dibagi dalam 7 bagian. Di halaman-halaman terakhir juga dicantumkan narasumber-narasumber utama beserta dengan profil singkatnya. Pertama kali diterbitkan dalam bahasa Indonesia oleh Penerbit Buku Kompas, 2022.

Tafsiran:

Buku ini menceritakan gerakan pemuda progresif di dekade terakhir kekuasaan Orde Baru yang aktivitasnya bermula di awal 1990-an melalui gerakan pembelaan petani dan pemuda yang berujung pada perjuangan politik untuk mengakhiri otoritarianisme Orde Baru.

Pilihan bergerak bersama rakyat yang dimulai dengan membangun gerakan-gerakan perlawanan atas perampasan tanah di Jawa Barat, telah membangun solidaritas gerakan ini dan menjelma menjadi gerakan politik adiluhung sebagai pengontrol sekaligus penentang langsung kebijakan Soeharto.

Tentu saja represi pada para pegiatnya menjadi bagian tak terpisah dari dinamika gerakan ini. ALDERA memang mencukupkan diri bertransformasi menjadi gerakan politik kerakyatan yang tidak berubah menjadi partai politik.

Namun, pasca-Orde Baru sejumlah pegiatnya kemudian menjadi bagian penting dalam dinamika politik Indonesia. ALDERA adalah sejarah dan spirit gerakan kaum muda yang berkontribusi mendorong reformasi 1998.

Evaluasi:

Bukan hanya menarik untuk dibaca, tetapi kecermatan gerakan ini menangkap dinamika sosial politik tetap relevan untuk diadopsi pada etape-etape tertentu, ketika kekuasaan sudah menjelma sebagai instrumen pengepul kekayaan oleh sebagian elite dan semakin abai serta represif pada rakyat, yang justru seharusnya dilindungi dan disejahterakan.

Rangkuman:

Buku ini bagus sebagai referensi sejarah perjuangan pemuda dalam keberlangsungan negara pasca-Orde Baru. Buku ini memberikan pesan kepada setiap pemuda untuk tidak diam terhadap aksi-aksi yang tidak pro terhadap rakyat.

Baca artikel detiksulsel, "15 Contoh Teks Ulasan dari Novel hingga Film Beserta Strukturnya" selengkapnya https://www.detik.com/sulsel/berita/d-6502475/15-contoh-teks-ulasan-dari-novel-hingga-film-beserta-strukturnya.

3. Contoh Teks Ulasan Film 5 cm

Orientasi:

Film ini merupakan karya yang diadopsi dari novel nasional best seller. Novel 5 CM merupakan karya Donny Dhirgantoro. Rizal Mantovani kemudian menjadi sutradara pada film yang bergenre drama inspiratif ini.

Film ini dirilis pada 2012. Beberapa tokoh atau pemeran utama, yaitu Herjunot Ali (Zafran), Fedi Nuril (Genta), Denny Sumargo (Arial), Igor Saykoji (Lan), Raline Shah (Riani), dan Pevita Pearce (Adinda).

Tafsiran:

Film ini menceritakan kisah persahabatan, cinta, nasionalisme, dan impian tentang masa depan. Rasa nasionalisme dan cinta pada negeri digambarkan dengan apik melalui film ini. Sederhana, namun pas. Ada banyak nilai-nilai kehidupan yang disampaikan. Banyak ide-ide cemerlang dituangkan dalam bentuk cerita yang seru.

Tokoh utama pada film ini sudah menjalin persahabatan cukup lama. Mereka punya sifat dan karakter yang berbeda-beda. Suatu ketika, mereka berkumpul di rumah Arial dan berkomunikasi tentang persahabatan mereka. Seketika, Genta berinisiatif dan memberikan ide agar mereka tidak bertemu dalam kurun waktu yang ditentukan.

Akhirnya, mereka sepakat dan memutuskan untuk berpisah sementara, tidak ada komunikasi dan tidak ada pertemuan dalam kurun waktu tiga bulan. Mereka sepakat untuk bertemu kembali pada waktu dan tempat yang ditentukan.

Akhirnya mereka bertemu pada tanggal 17 Agustus untuk melakukan perjalanan agar lebih mencintai Indonesia. Mereka merayakan kemerdekaan di Gunung Semeru, puncak tertinggi Jawa.

Mereka mendaki bersama dengan rombongan lainnya. Rasa haus, lapar, dan lelah terbayar saat mereka sampai di puncak. Mereka mengibarkan Bendera Merah Putih pada hari kemerdekaan di tempat yang sungguh indah. Gunung Semeru menjadi saksi persahabatan dan nasionalisme mereka.

Pengalaman tersebut sangat berharga dan membekas di hati. Suatu hal yang tidak pernah terlupakan. Mereka menghadapi segala rintangan karena mereka punya impian. Impian yang diletakkan tepat 5 cm di depan kening.

Evaluasi:

Film ini disampaikan dengan sangat inspiratif. Perjalanan demi mengibarkan Sang Saka Merah Putih dimunculkan dengan sangat apik. Keindahan alam Indonesia ditampilkan. Kekayaan Indonesia terpancar dalam film ini. Judul filmnya sederhana, namun sangat membekas dalam ingatan. Karakter setiap tokoh menggambarkan perbedaan, namun tetap bersatu.

Rangkuman:

Film ini bagus untuk pemuda pemudi Indonesia. Ada banyak hikmah yang bisa diambil dari setiap kejadian. Pesan dalam film ini, antara lain adalah mengajarkan untuk pantang menyerah dan terus bermimpi hingga pada akhirnya bisa meraih mimpi tersebut.

4. Contoh Teks Ulasan Film Dilan 1990

Orientasi:

Dilan 1990 adalah film yang diangkat dari buku hasil karangan penulis Pidi Baiq. Film yang sempat populer beberapa tahun ke belakang ini disutradarai oleh Fajar Bustomi. Film ini sukses mencatatakan lebih dari enam juta penonton. Pada akhir tahun 2018, Dilan 1990 ditayangkan serentak di seluruh bioskop Indonesia.

Saat itu bahkan banyak orang yang rela mengantre demi bisa menonton film yang dibintangi oleh Iqbaal Ramadhan ini. Selaku penulis, Pidi Baiq mengungkapkan bahwa filmnya ini didasarkan pada kisah nyata remaja SMA.

Tafsiran:

Nama tokoh utamanya sama dengan nama film itu sendiri, yaitu Dilan. Ia adalah seorang anak tentara yang menjadi ketua sebuah geng motor. Sementara Milea adalah siswi pindahan dari Jakarta yang pindah ke sekolah Dilan. Mereka berdua bertemu pertama kali ketika Milea sedang berjalan ke sekolah.

Saat itu, Dilan menghampiri dan menyapanya dengan kata-kata bak ramalan. Ia berkata kalau Milea dan dirinya akan bertemu siang nanti di kantin sekolah. Seiring waktu, Dilan terus terpikat oleh pesona cantik Milea. Sayang, teman sekelas Milea, Nandan ternyata menyukai Milea juga.

Mendapati hal tersebut, secara perlahan Dilan mulai menjauhi Milea. Menurut pengetahuannya dia sendiri, Milea dan Nandan telah resmi berpacaran, padahal tidak begitu. Sampai akhirnya Milea menyampaikan kabar melalui Piyan, sahabat Dilan, bahwa mereka berdua tidak menjalin hubungan apapun.

Mengetahui hal ini Dilan kembali melanjutkan usahanya mendekati Milea.Hari-hari dengan indah bahkan mereka lewati bersama. Baik itu di sekolah, waktu pulang sekolah, atau bahkan ketika berada di rumah Milea langsung. Hingga akhirnya mereka menjalin hubungan dan berpacaran.

Bahkan cara Dilan menyatakan perasaannya juga beda dari yang lain, ia memanfaatkan mbuku dan materai. Kemudian di dalamnya tertulis kalimat-kalimat seputar ia dan Milea juga tanggal pacaran mereka.

Evaluasi:

Dilan 1990 merupakan film yang identik sekali dengan kehidupan remaja SMA masa kini. Konflik sesama teman, kisah asmara, hingga tawuran. Rasanya berhubungan sekali dengan anak-anak remaja.

Film ini berhasil membuat para penontonnya baper, apalagi kaum hawa. Dilan membawa sosok laki-laki yang dianggap sempurna dan diidolakan perempuan. Latar dan properti yang digunakan juga cocok sekali dengan judul filmnya, yaitu tahun 1990.

Namun film ini bukan film yang selesai begitu saja, melainkan hanya bagian pertama saja dari keseluruhan yang ada. Artinya, Dilan 1990 masih ada lanjutannya. Akhir film juga dianggap menggantung dan membuat banyak penonton penasaran, kurang memuaskan. Beberapa bagian cerita juga agak kurang masuk akal.

Misalnya ironi sekali jika seorang TNI memiliki anak yang justru mengepalai geng motor. Tokoh Dilan juga bisa dibilang terlalu indah untuk menjadi kenyataan.

Rangkuman:

Dengan mengesampingkan seluruh kekurangannya, tetap saja Dilan 1990 merupakan film fenomenal yang dapat menarik perhatian masyarakat Indonesia. Tidak hanya kalangan remaja, bahkan orang dewasa juga akan terpesona dan teringat akan kenangan masa mudanya ketika menonton film ini.

Secara keseluruhan, Dilan 1990 cocok ditonton untuk para remaja seusia tokoh-tokohnya yang masih SMA. Kamu juga bisa menonton video contoh teks ulasan film Dilan 1990 berikut di bawah ini.

5. Teks Ulasan Cerpen Corat-coret di Toilet

Orientasi:

Sebuah cerpen karya Eka Kurniawan berjudul Corat-coret di Toilet. Buku ini merupakan kumpulan cerpen yang ditulis pada tahun 2000-an dan diterbitkan oleh PT Gramedia.

Tafsiran:

Buku ini bercerita tentang seorang remaja punk masuk ke dalam toilet yang baru di cat. Ia menulis dengan spidol untuk menuangkan aspirasi dan bisa dikomentari oleh orang-orang yang datang ke toilet.

Cerita ini berisi sentilan bagi para dewan yang suka lupa diri jika sudah duduk di kursi panas pemerintahan.

Evaluasi:

Isi cerita terkesan fantastis dan cerpen yang anekdot. Kemudian disajikan dengan deskripsi membuat cerpen ini memiliki hakikat filsafat tinggi. Akan tetapi perlu persiapan yang cukup untuk menerima dan mempelajari isi dari cerpen satu ini.

Rangkuman:

Cerpen Corat-coret di Toilet menjadi cerpen yang kritis dan tidak melupakan sisi lucu dari sebuah toilet. Penulis menyampaikan jika mereka hanya memercayai dinding toilet daripada pemerintah.

6. Contoh Teks Ulasan Cerpen Robohnya Surau Kami

Orientasi:

Salah satu cerpen tanah air karya A.A Navis yang berjudul Robohnya Surau Kami. Cerita ini berisi tentang sebuah kondisi sosial antara hubungan manusia dan Tuhan.

Tafsiran:

Kisah ini bermula ketika seorang kakek tua penjaga surau di sebuah kampung. Ia sangat rajin beribadah dan tetap bersabar untuk menjaga lisannya.

Sang kakek kemudian ditemukan tewas bunuh diri dengan leher tergorok pisau cukur di dalam surau. Kejadian inilah yang menandakan robohnya keimanan seseorang dan alasan cerita ini berjudul Robohnya Surau Kami.

Evaluasi:

Isi cerita hampir menyerupai sebuah analogi dan sedikit menyulitkan pembaca. Akan tetapi penulis mencoba membuka pemikiran pembaca pada bagian akhir yang menjelaskan kematian sang kakek. Tentang godaan yang pasti datang bagi setiap manusia agar iblis memiliki pengikutnya di dunia.

Rangkuman:

Robohnya Surau Kami menjadi karya sastra ternama di Indonesia. Latar cerita yang mampu menyampaikan kondisi dan keberagaman karya dalam sebuah cerpen. Dengan demikian cerita ini layak untuk dibaca dan dipelajari.

7. Contoh Teks Ulasan Lagu Dia

Orientasi:

Lagu Dia yang dinyanyikan oleh penyanyi terkenal asal Indonesia, Anji ini bermakna sebagai lagu cinta yang romantis. Dia dirilis pada tanggal 12 April 2016 lalu. Lagu yang beraliran Pop ini juga turut dibintangi oleh dua anggota band Govinda, yakni Jeje dan Ade.

Tafsiran:

Lirik lagu Dia menggambarkan tentang seorang pujaan hati yang benar-benar diinginkan oleh penyanyinya. Lagu ini membawakan perasaan cinta yang sangat dalam kepada seseorang. Terdapat juga lirik yang isinya memohon kepada Tuhan agar hatinya selalu diutuhkan untuk si Dia.

Evaluasi:

Lagu dengan tema romansa ini mengandung lirik yang sederhana dan mudah diingat dengan irama yang enak. Secara tanpa sadar penonton pasti ingin ikut bernyanyi ketika mendengarkannya. Bagi beberapa orang mungkin liriknya terlalu sedikit atau sederhana.

Rangkuman:

Secara keseluruhan, lagu Dia yang dinyanyikan oleh Anji ini pas sekali bagi setiap orang yang sedang merasakan jatuh cinta. Di tempat umum dan pada waktu tertentu tak jarang lagu ini diputar karena memang senandung nadanya begitu indah.

8. Contoh Teks Ulasan Lagu Heal The World

Orientasi:

Heal The World diberi predikat sebagai salah satu lagu simbol perdamaian dunia. Lagu ini dipopulerkan oleh Michael Jackson. Isinya adalah seruan untuk "menyembuhkan" bumi dengan kasih sayang baik kepada sesama manusia maupun kepada lingkungan sekitar.

Tafsiran:

Lagu Heal The World diawali dengan anak kecil yang pada saat itu membaca syair. Kemudian anak kecil tersebut mulai berimajinasi seputar generasi selanjutnya yang bisa membuat dunia menjadi lebih baik.

Namun diperlukan kepedulian dan usaha untuk mewujudkannya, perlu kemauan demi kehidupan bersama, demi bumi sebagai tempat yang lebih baik.

Evaluasi:

Baik lirik maupun irama dari lagu ini dapat menyentuh hati pendengarnya dengan baik. Heal The World juga menjadi salah satu lagu yang akan selalu dikenang sepanjang masa.Namun durasinya yang terlalu lama dan pengulangan pada beberapa lirik di bagian akhir bisa membosankan bagi pendengar.

Rangkuman:

Heal The World sering diangkat sebagai lagu latar belakang di acara-acara kemanusiaan atau lingkungan dan kepopulerannya sudah tidak diragukan lagi.

9. Contoh Teks Ulasan Drama Heart of Almond Jelly

Orientasi:

Drama ini merupakan hasil karya dari Wishing Chong. Heart of Almond Jelly mengisahkan tentang drama perpisahan antara suami istri yang sudah hidup bersama kurang lebih selama 7 tahun.

Mereka adalah pasangan Tatshuro dan Sayoko. Latarnya ialah sebuah rumah Jepang sementara keterangan waktunya saat itu adalah tepat di malam natal.

Di dalam drama ini akan dijelaskan apa yang membuat mereka mengambil keputusan untuk berpisah. Drama diakhiri dengan pelukan keduanya sebelum benar-benar berpisah.

Tafsiran:

Drama diawali dengan kehidupan pasangan Tatshuro dan Sayako yang tinggal di rumah Jepang. Pada drama, Tatshuro digambarkan sebagai suami yang rajin melakukan pekerjaan rumah tangga seperti berbelanja dan membersihkan rumah. Ia juga kerap kali pergi di malam hari.

Sementara sang istri, Sayako malah sebaliknya, ia hobi menunda pekerjaan. Tetapi, ia rajin bekerja di luar untuk menghidupi dirinya dan suami. Penonton akan disuguhkan dengan konflik-konflik natural khas suami-istri. Fokusnya ialah dialog para tokoh di mana isinya menampilkan konflik rumah tangga yang sedikit demi sedikit mulai terkuak.

Evaluasi:

Heart of Almond Jelly benar-benar memberikan konflik khas rumah tangga yang kuat. Terbukti para pemainnya begitu menghayati dalam memainkan perannya. Konfliknya yang agak rumit membuat drama ini memiliki kualitas yang baik. Cocok ditonton untuk mendapatkan banyak inspirasi dan insight baru seputar dunia rumah tangga.

Konflik yang diangkat juga relevan dengan kehidupan layaknya konflik yang memang terjadi di lingkungan rumah tangga sebenarnya.

Namun drama Heart of Almond Jelly ini sesungguhnya berlatar belakang ada di Jepang. Ketika diadopsi di Indonesia maka adaptasinya relatif kurang memuaskan dan membuat penonton sedikit kebingungan di awal kisah.

Rangkuman:

Kehidupan rumah tangga pasangan Tatshuro dan Sayako ternyata berjalan kurang harmonis meskipun sudah terjalin selama 7 tahun. Mereka memiliki banyak hal untuk didebatkan. Tetapi, di balik ini semua mereka menjadi lebih kenal dan mengerti akan satu sama lain. Sebelum memutuskan untuk berpisah, mereka berpelukan satu sama lain di malam natal kala itu.

10. Contoh Teks Ulasan Film Surat Kecil untuk Tuhan

Orientasi:

Surat Kecil Untuk Tuhan sejatinya merupakan film biografikan dan drama Indonesia yang diangkat dari novel berjudul sama karya Agnes Davonar. Filmya dirilis pada tanggal 7 Juli tahun 2011.

Cerita dalam film ini merupakan kisah nyata yang terjadi di Indonesia. Menceritakan tentang gadis berusia 13 tahun, bernama Gita Sesa Wanda Cantika atau yang akrab disapa Keke, mengidap penyakit langka.

Penyakit yang diidapnya yakni Rhabdomyosarkoma atau yang lebih dikenal dengan istilah awam kanker jaringan lunak/otot. Keke sendiri merupakan pasien pertama pengidap penyakit tersebut di Indonesia, hal inilah yang membuat kisahnya begitu haru. Penasaran? Berikut contoh teks ulasannya.

Tafsiran:

Sebelum penyakit mematikan itu menyerang, Keke adalah gadis yang beruntung. Ia hidup di tengah-tengah keluarga berada, kedua orang tua yang sangat menyayanginya meskipun telah bercerai, dua kakak laki-laki yang baik, kehadiran pak Yus, supir dan ajudan sang ayah.

Tak hanya itu, Keke juga diselimuti oleh enam teman dekat yang senantiasa menemaninya. Hidupnya juga semakin sempurna dengan hadirnya Andy, kekasih yang sangat mencintai dan menyayanginya. Tapi, di tahun 2003, kanker mematikan bernama Rhabdomyosarkoma datang menyerang Keke. Saat itu, ia dinyatakan sebagai orang pertama yang mengidap kanker tersebut.

Sejak saat itu, Keke terpaksa harus menjalani sejumlah kemoterapi dan radiasi, berlangsung kurang lebih setahun lamanya. Ini mngakibatkan rambutnya mulai rontok sedikit demi sedikit sampai habis.

Kulitnya juga mulai mengering dan ia sering mengalami mual-mual. Akhirnya, perjuangan Keke dan keluarga berbuah hasil. Ia dinyatakan sembuh dan bisa beraktivitas seperti semula.

Akan tetapi, setahun kemudian, di 2004 "monster" yang sama menghinggapinya lagi. Kini, datang dengan lebih parah. Semua rumah sakit menolak merawat Keke dan ratusan dokter bahkan memprediksi hidupnya tidak akan bertahan lebih dari tiga bulan.

Meski begitu, ia dan ayahnya tidak menyerah. Keke berhasil untuk terus bertahan dalam kurun waktu lebih dari setahun. Sebelum akhirnya ia terpaksa harus menerima kenyataan kankernya sudah terlalu menyebar. Tanggal 25 Desember 2006, Keke dinyatakan meninggal dunia.

Evaluasi:

Film ini merupakan berdasarkan pada novel dan kisah nyata yang membuatnya begitu menyentuh. Melalui Surat Kecil Untuk Tuhan, penonton juga akan mendapatkan pelajaran tentang tabah dan keikhlasana untuk menerima segala cobaan dari Tuhan Yang Maha Kuasa.

Sementara itu, beberapa adegan masih dirasa kurang menarik, ada juga yang agak sulit dimengerti. Beberapa penonton mungkin juga salah mentafsirkan kata-kata kiasan yang ada di dalam film.

Rangkuman:

Dari tema yang diangkat dan isinya, film Surat Kecil Untuk Tuhan bisa ditonton untuk semua kalangan. Filmnya mengandung banyak nilai religi dan pesan moral yang menyampaikan pesan sarat akan makna.

Hidup dan mati seseorang sesungguhnya sudah diatur oleh Yang Maha Kuasa. Untuk itu, manfaatkanlah waktu sebaik-baiknya dan jangan menyerah terhadap segala cobaan yang datang.

Simak Video "Naskah Asli Teks Proklamasi Dikembalikan Setpres ke Arsip Nasional RI"
[Gambas:Video 20detik]
(row/row)