BREAKINGNEWS.CO.ID – Presiden Amerika Serikat, Donald Trump dikabarkan akan melakukan pertemuan dengan Presiden Rusia, Vladimir Putin. Presiden Trump mengatakan, kesepakatan terbaik yang bisa dicapai dengan Presiden Putin adalah soal penghapusan nuklir di dunia.

Hal tersebut disampaikan Trump pada Kamis (12/7/2018), ketika ditanya apa hasil terbaik yang mungkin saja didapatkan dari pertemuannya dengan Putin. "Apa yang akan jadi kesepakatan terbaik? Coba kita lihat. Tidak ada senjata nuklir di manapun di dunia, tidak ada perang, tidak ada masalah, tidak ada konflik," kata Trump sebagaimana dilansir Reuters, Jumat (13/7).

Trump direncanakan bertemu dengan Putin Senin (16/7) mendatang di Helsinki, Finlandia. Menurut Trump, pertemuan dengan Putin akan menjadi yang termudah dalam rangkaian kunjungannya di Eropa. Ketika ditanya apakah Putin memberikan ancaman, Trump mengatakan "saya tidak ingin dia menjadi ancaman dan itulah mengapa kita punya NATO," ujar Trump

Pada Kamis (12/7) Trump menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi NATO di Brussels, Belgia. Usai pertemuan itu, Trump menuturkan dirinya sudah mencapai kesepakatan terkait masalah anggaran pertahanan dengan negara-negara anggota aliansi tersebut.

Selanjutnya, Trump akan bertolak ke Inggris sebelum bertemu Putin di Finlandia. "Dia adalah kompetitor," kata Trump soal Putin. "Apakah dia musuh saya? Dia bukanlah musuh saya" "Semoga suatu hari nanti dia akan jadi seorang teman. Saya hanya tidak mengenal dia dengan begitu baik."

Sebelumnya diberitakan, Presiden Amerika Serikat, Donald Trump melakukan kunjungan kerja ke Inggris selama dua hari dan dikabarkan sudah tiba di London pada Kamis (12/7). Trump serta delegasi dijadwalkan akan mengadakan pertemuan kehormatan dengan Ratu Elizabeth II serta dialog bilateral tingkat tinggi dengan Perdana Menteri Theresa May.

Presiden Trump serta Ibu Negara Melania Trump akan melaksanakan makan malam resmi di Blenheim Palace, Oxfordshire pada Kamis (12/7) malam. Makan malam resmi itu akan mengundang sejumlah tamu, seperti duta besar AS dan para pebisnis di Inggris. Keesokan harinya, Donald Trump bersama dengan Theresa May akan menyaksikan parade latihan militer Inggris. Kemudian, keduanya akan bertolak ke kediaman kerja PM May di Chequers, Buckinghamshire untuk melaksanakan dialog bilateral.